Meskipun saat ini teknologi ponsel sdah sedemikian pesat, terutama untuk fitur gprs yang saat ini sudah eranya 3,5g. Namun bagi sebagian kalangan situs yang berbasis we A pe masih dipandang sebelah mata. Bahkan beberapa persahaan hosting yang kelasnya bukan reseller lagi yang pernah saya ajak ngobrol menganggap situs yang konsepnya WAPSITE kurang efektif dalam segala aspek. Benar tidaknya kita tentu tidak bisa menolak mentah2 tentang pendapat semacam itu,

mereka tentu punya argumennya sendiri. Beberapa hal yang menjadi alasan seperti hal seperti di atas adalah:

  1. Situs wap kebanyakan masih mengacu pada script wml dan html dalam desain pembuatannya. Sedangkan tidak terlalu banyak yang bisa dihasilkan oleh file .wml ataupun .html ini. sebuah situs yang konsepnya hanya html maka situs tersebut hanyalah sebuah situs statis dan terlihat monoton.
  2. Situs wap lambat di crawl oleh mesin pencari semacam google.

Benar tidaknya pendapat semacam ini saya sendiri juga belum tahu pasti. Tapi benarkah situs wap kebanyakan masih memakai script .html/wml? dan apa bener situs wap susah masuk di index oleh google.?..

Kalau beberapa tahun yang lalu dimana ketika teknologi gprs ponsel lebih dulu hadir dari pada teknologi layar CSTN(warna) maka wajar jika sebuah situs terutama yang memang ditujukan untuk browser henpon hanya menerapkan script wml. Setelah keluar versi layar warna maka situs2 wap pun tidak mau ketinggalan untuk beralih memakai html dan xhtml.
Namun saat ini, sesperti yang saya sebtkan diatas bahwa teknologi ponsel sudah melesat pesat. jangankan untuk mengakses situs wap yang berkonsep wml ataupun html, hanpon sekarang sudah sanggup menjelajah hampir semua jenis situs/website yang sebenarnya ditujkan ntuk pengguna layar desktop.
Nah seiring dengan kemajuan teknologi ponsel ini maka situs wap pun tetap tidak mau ketinggalan, lahirlah situs2 yang mulai menerapkan script .php bahkan dengan dukungan MySQL tapi tetap memperhatikan unsur user friendly dengan resolusi layar ponsel. Jadi pendapat tentang situs wap yang terkesan monoton dan statis mungkin bisa kita bantah dengan hadirnya situs2 semacam ini meskipun kalau di misalnya diadakan survey memang benar situs wap yang masih memakai .html lebih banyak dari pada .php.

Selanjutnya benarkah situs wap susah di index oleh google.
Selama saya menggunakan jasanya om google tidak pernah sekalipun saya diberikan rekomendasi oleh beliau untuk masuk ke situs2 wap. dengan kata lain saya tidak pernah menemukan artikel ataupun tutorial dan sebagainya ketika memanfaatkan hasil pencarian om google yang menampilkan situs wap. jadi benarkah sits wap susah di crawl oleh google.??.. eits tunggu dulu.
Google.com juga punya junior loh yang dikasih nama m.google.com (panggil aja mohammad google xexexe…)
Yap m.google.com adalah versi mobile sitenya si google. Setelah saya teliti sedikit ternyata tugas om googel dan si juniornya ini serupa tapi tak sama. lebih tepatnya begini http://google.com ketika kita memerintahkan dia untk mencari apapun maka hasil yang ditampilkannya adalah situs yang memang berbasis desktop website. Sebaliknya ketika kita melakukan pencarian via mobile dengan mengakses http://m.google.com maka si mokamad junior juga lebih merekomendasikan hasil penulusaran ke arah situs2 yang basiknya adalah mobile site(wap). Nah loe……???

Jadi kesimpulannya adalah, baik wap maupun web sama2 mempunyai kelebihan kelebihan masing2.
Web dari segala aspek jelas mempunyai fitur jauh lebih sempurna dari pada situs wap namun perlu diingat bahwa teknologi ponsel kian hari kian maju, bahkan bukan tidak mungkin seiring dengan terus dan terus bertambahnya pengguna ponsel, yang semula pakai 3310 kini ganti pakai blackbery maka pengguna internet melalui handphone bakal jauh lebih besar dari pada pengguna internet melalui desktop PC mapun laptop. jadi bagi anda yang ingin membuat situs wap, tetap semangat dan maju terus.

Pembayaran

Maaf, tidak menerima pembayaran dengan TRANSFER PULSA!!

Jam Kerja

Senin s/d Sabtu

» Marketng / Billing : 09.00 - 21.00
» Customer Service : 09.00 - 00.00
» Support / Teknisi : 24 Jam
 
Minggu dan Libur Nasional secara official kami libur. Tapi secara teknis kami tetap melayani klien seperti biasa, Namun tidak seefektif hari dan jam kerja. (respond sedikit lambat)