1. Definisi Joomla!

Joomla! adalah salah satu CMS (Content Management System) dari sekian banyak CMS yang ada di dunia ini yang bisa didapat secara gratis.
Pengertian CMS itu sendiri adalah pengelolaan isi atau content. Bila dikaitkan dengan web, maka CMS bisa didefinisikan sebagai software yang mampu mengelola isi atau content dari sebuah website seperti melakukan publikasi, edit, ataupun menghapus sebuah content.

2. Sejarah Singkat Joomla!

Sekitar tahun 2001 sebuah perusahaan di Australia bernama Miro bersama dengan tim membuat sebuah CMS yang diberi nama “Mambo”. Software ini dibuat dengan sistem Open Source sehingga perkembangan software ini sangatlah pesat. Karena melihat sisi bisnis yang semakin cemerlang inilah maka pada tahun 2002 perusahaan tersebut mulai berubah pikiran untuk mengkomersialkan produk yang telah sukses mereka ciptakan sehingga lahirlah dua versi dari Mambo yaitu versi open source dan versi komersil. Versi open source dinamakan MOS (Mambo Open Source) sedangkan versi komersilnya dinamakan Mambo CMS.

Kemudian sekitar Agustus 2005, perseteruan antara pengembang Mambo dengan Miro sebagai pemegang hak cipta mencapai puncaknya dimana para pengembang Mambo ramai-ramai hijrah dan mengembangkan CMS Open Source sendiri dengan nama Joomla!. Hingga pasa September 2005 diperkenalkanlah Joomla! versi 1.0.0 kepada publik yang sebenarnya sama saja dengan mambo (Beda nama tapi isi sama persis).

Seiring dengan perkembangan jaman dimana sesuatu yang bersifat gratis tentu akan lebih diminati oleh kebanyakan orang ditambah dengan sifatnya yang open source(siapapun boleh dan berkesampatan untuk turut mengembangkan) menjadikan Joomla kian melejit popularitasnya meninggalkan sang induk “mambo” sehingga pada era selanjutnya Joomla berhasil merilis versi2 terbarunya 1.5 sampai dengan sekarang yang sudah berada pada versi 1.6.

3. Kelebihan dan Kekurangan Joomla

Sebagai CMS yang bersifat open source menjadikan joomla adalah CMS yang powerfull dan banyak digunakan diseluruh dunia dari situs yang paling sederhana sampai kepada aplikasi korporasi yang kompleks. Kelebihan Joomla! terletak pada kemudahan instalasi dan pengelolaannya sehingga banyak dipakai oleh pengembang web baik luar dan dalam negeri.

Sedangkan untuk kelemahannya bisa dikatakan hanya terletak pada unsur teknis saja. Karena sifatnya yang kompleks menjadikan Joomla sedikit rumit dalam proses building yang mana antara modul dan component harus disesuaikan dengan letak block yang disediakan template.

Ada juga yang bilang Joomla rawan dengan serangan hacker.

Ibarat sebuah pohon “Semakin Dia Tinggi Semakin Kencang Angin Yang menerpanya” Kepopuleran Joomla dan kecenderungan bahwa Joomla lebih banyak diterapkan atau dipakai oleh situs situs kalangan corporat menjadikan dia sasaran para hacker.

Pembayaran

Maaf, tidak menerima pembayaran dengan TRANSFER PULSA!!

Jam Kerja

Senin s/d Sabtu

» Marketng / Billing : 09.00 - 21.00
» Customer Service : 09.00 - 00.00
» Support / Teknisi : 24 Jam
 
Minggu dan Libur Nasional secara official kami libur. Tapi secara teknis kami tetap melayani klien seperti biasa, Namun tidak seefektif hari dan jam kerja. (respond sedikit lambat)