Perlu diingat bahwa kepemilikan sebuah domain adalah sistem sewa dan bukan kepemilikan mutlak. sistem sewa ini minimal 1 tahun dan maksimal 10 tahun(1 periode). periode berikutnya harus dilakukan perpanjangan kembali(renewal). Jika tidak maka status domain tersebut akan menjadi “bebas” dan bisa dimiliki oleh siapapun.

Artikel berikut akan menjelaskan mengenai lifecycle(masa hidup dan matinya) dari sebuah nama domain, dari registrasi hingga penghapusan. Harap diperhatikan betul karena artikel ini sangat penting bagi pemilik domain.

Kita ambil sebuah contoh domain ABCD.COM diregistrasikan pada tanggal 1 Januari 2000 untuk masa kontrak selama 1 tahun. maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

  • 01 Januari 2000 s/d 29 Pebruari 2000 = Domain sudah aktif dan tidak bisa dibatalkan, termasuk penggantian nama domain adalah hal yang tidak mungkin. Selama 2 bulan ini domain juga belum bisa dipindah/transfer ke registrar lain.
  • 01 Maret 2000 = Untuk urusan tertentu domain baru bisa dipindahkan ke tempat(registrar) lain jika sudah melewati 60 hari sejak tanggal pengaktifan.
  • 01 Nopember 2000 = Mendekati berakhirnya masa sewa selama 1 periode, maka sistem billing domain otomatis akan mengirimkan email pemberitahuan bahwa domain mendekati masa expired. Kami menyarankan agar anda untuk segera melakukan perpanjangan setelah menerima email ini karena tidak ada ruginya melakukan perpanjangan lebih dini, masa domain anda tetap dihitung selama 1 periode penuh (tidak ada pengurangan masa aktif sedikitpun)
  • 01 s/d 31 Desember 2000 = Jika sampai bulan ini anda belum melakukan perpanjangan maka anda akan menerima invoice/tagihan melalui email. Segera lakukan pembayaran untuk proses perpanjangan domain anda.
  • 01 Januari 2001 = Jika pemilik domain memperpanjang masa kontraknya sebelum tanggal ini maka otomatis domain tetap menjadi kepemilikannya dan tetap bisa digunakan sebagaimana mestinya. Sebaliknya jika tidak maka status domain menjadi EXPIRED/HOLD. Sehingga semua fungsi domain baik email maupun konfigurasinya ke hosting menjadi tidak berfungsi sama sekali karena name server domain otomatis teralih ke server registrar. si pemilik domain juga tidak bisa melakukan transfer domain ke manapun. Namun dalam masa HOLD ini domain masih bisa kembali diambil jika melakukan pembayaran kembali ke pihak registrar sebelum 40 hari dan tidak/belum dikenakan denda.
  • 09 Pebruari 2001 = Jika si pemilik domain tetap tidak melakukan pelunasan maka setelah 40 hari domain statusnya menjadi REDEMPTION PERIOD. Dalam status ini jika si pemilik domain ABCD.COM tadi ingin kembali mengaktifkan domain, maka dia harus melakukan “restore” yang mana biayanya sangat besar bisa mencapai 10X lipat dari harga normal domain !!. misal domain ABCD.COM harga normalnya 90 ribu maka biaya restore adalah 900 ribu.!!!!
  • 11 Maret 2001 = Setelah 30 hari melewati masa REDEMPTIONPERIOD, maka sekarang status domain menjadi PENDING DELETE. Dalam masa ini si pemilik tidak bisa mengambil kembali domain tersebut melainkan harus setia menunggu sampai pihak registrar merilis kembali domain tersebut agar bisa digunakan oleh umum. Waktunya tidak bisa dipastikan. bisa  hanya berselang 5 hari sampai berbulan-bulan. Dan tentu saja jika sudah dirilis oleh umum maka siapapun berhak mendaftarkan kembali domain tersebut(siapa cepat dia dapat). Intinya jika sudah dalam masa ini maka anda sudah tidak berhak lagi mengklaim kepemilikan domain anda.

Nah untuk menjaga domain anda tetap aktif dan jangan sampai merasa kesulitan untuk kembali mendapatkan domain apalagi sampai membayar biaya restore yang harganya mengGILA tersebut, usahakan selalu melakukan perpanjangan (renewal) secara dini. Lebih cepat lebih baik karena perpanjangan sebelum masa expired sama halnya anda memperpanjang domain anda. lebih jelasnya seperti ini

Domain anda aktif tanggal 01-01-2000 dan expired tanggal 01-01-2001 tapi pada tanggal 10-10-2000 anda sudah melakukan renewal maka secara otomatis domain anda akan diperpanjang sampai 01-01-2002. Bukan 10-10-2001.

NB:
* Lifecycle domain diatas lebih ditujukan untuk top level domain (com, net, org dsb)
Sedangkan untuk domain level 3 (.EU.COM, .GB.COM dsb) sedikit berbeda perhitungan masanya. tapi secara garis besar sama. jadi bagaimanapun juga renewal sebelum expired jauh lebih baik.

* Peraturan ini bukan hanya berlaku di tempat kami melainkan semua provider domain manapun juga memberlakukan peraturan seperti ini karena pengelolaan domain sepenuhnya dikelola oleh sebuah lembaga internasional yang bernama Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) dan kita harus mengikuti aturan tersebut.

Pembayaran

Maaf, tidak menerima pembayaran dengan TRANSFER PULSA!!

Jam Kerja

Senin s/d Sabtu

» Marketng / Billing : 09.00 - 21.00
» Customer Service : 09.00 - 00.00
» Support / Teknisi : 24 Jam
 
Minggu dan Libur Nasional secara official kami libur. Tapi secara teknis kami tetap melayani klien seperti biasa, Namun tidak seefektif hari dan jam kerja. (respond sedikit lambat)